Kamis, 25 Agustus 2016

Manajemen

MANAJEMEN
Jurusan Manajemen memang sangat diminati di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Menurut data di Perguruan Tinggi Negeri, peminat Manajemen mencapai 1354 peminat dari 49 kursi di PTN tersebut.
Hal ini karena lulusan Manajemen banyak dibutuhkan didunia kerja. Lulusan Manajemen banyak diproyeksikan sebagai staff administrasi bahkan hingga sampai manajer di bidang tertentu. Selain itu, dengan skill yang telah didapatkan, lulusan Manajemen juga bisa dapat berwirausaha
 dengan mandiri.

SPESIALISASI MANAJEMEN
Dalam Jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi ada 4 spesialisasi, yakni Manajemen Keunagan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, dan Manajemen Operasional. Untuk Manajemen Operasional hanya beberapa Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan.

Manajemen Keuangan
Seperti diketahui Manajemen Keungan mendasari kemampuan dalam mengatur keuangan perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi Keuangan bertugas menganalisa laporan-laporan keuangan dari bagian Akuntansi di suatu perusahaan. Dari laporan ini, Orang-orang spesialisasi Keuangan dapat menganalisa Kesehatan Keuangan Perusahaan dan menetapkan strategi Keuangan. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Keuangan.

Manajemen Pemasaran
Orang-orang yang memiliki spesialisasi pemasaran dapat menganalisa riset-riset pemasaran dan teknis pemsaran itu sendiri, serta dapat menetapkan langkah apa yang akan diambil untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan produknya, serta dapat menguasai pasar. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Pemasaran.

Manajemen SDM
Spesialisasi Manajemen SDM atau juga sering disebut Manajemen Personalia membekali para peminatnya dalam mengembangkan Litbang SDM di perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi ini harus dapat mengembangkan produktivitas, pemberdayaan personalia, dan kepuasan kerja karyawannya. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Personalia.
Manajemen Operasional
Spesialisasi Manajemen Operasional dapat membekali peminatnya handal dalam mengelola standarisasi mutu, gambaran proyek, serta perancangan dan pengembangan produk. Spesialisasi Manajemen Operasional di perguruan tinggi masih jarang dan hanya ditemui di Perguruan Tinggi yang besar saja.

Sumber : https://erwinselo.wordpress.com/2014/07/10/kelebihan-jurusan-manajemen/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar